Original From : http://m-wali.blogspot.com/2011/12/membuat-teks-berjalan-di-menu-bar.html#ixzz1hBO1bMTJ

Welcome




Efek Daun

Bintang

Jumat, 11 Juni 2010

Memperbaiki flashdisk 2

Berangkat dari pengalaman pribadi dan teman-teman yang sering mengalami masalah dengan USB Flashdisk yang tidak bisa diformat ataupun file systemnya berformat RAW saya mencoba mencari cara/tool yang ampuh untuk memperbaiki flashdisk-flashdisk yang rusak tersebut. Pada awalnya saya direkomendasikan menggunakan HP Drive Boot Key, HDD Low Level Format tool, dan format tool lainnya yang banyak dianjurkan pada website atau blog-blog, tapi ternyata tool-tool tersebut tidak “sepamungkas” yang diharapkan karena hanya pada beberapa kasus kerusakan saja tool tersebut dapat menjalankan fungsinya dalam memperbaiki flashdisk yang rusak tersebut.

Dan pada akhirnya…setelah berjuang mencari dan mencari akhirnya saya mendapatkan sebuah tool yang dapat membantu saya memperbaiki flashdisk-flashdisk yang rusak tersebut. Tool “pamungkas” itu namanya repair.exe dengan versi 2.9.1.1. Memang tidak semua kondisi kerusakan pada flashdisk dapat diperbaiki dengan tool ini, tapi menurut saya tool ini sangat mumpuni dalam memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat maupun flashdisk dengan format RAW,tapi dengan syarat flashdisk haruslah terdetect oleh sistem operasi,karena apabila tidak terdetect kemungkinan yang rusak adalah pada bagian hardware. Sebagai perbandingan, beberapa flasdisk rusak yang saya coba perbaiki dengan HP Drive Boot Key, HDD LLF tool, dan berbagai tool format lainnya banyak yang tidak bisa,tetapi dengan program repair ini flashdisk-flashdisk tersebut akhirnya bisa diformat.

Repair 2.9.1.1 dapat didownload disini.

Ato bisa juga dengan caral lain;

3 CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK RUSAK

Filed under: Komputer, Tips & Trick, Umum by: ramdan99

dibaca hari ini 8152 kali, 88 Kali Total di Baca

Flash DiskMungkin anda pernah kesal dengan flashdisk anda yang rusak, padahal masih bisa dideteksi oleh komputer. Tenang saja, selama FD tersebut masih terdeteksi, berarti FD anda masih ada kemungkinan untuk diperbaiki.

Indikasinya, Flasdisk masih terdeteksi oleh komputer yang memunculkan lokasi drive, bisa drive D, E, F dan seterusnya. Biasanya, Flashdisk yang mengalami kerusakan software, akan memunculkan pesan error saat akan di gunakan seperti “Write Protect Error” atau “The disk is write protected” dan seterusnya. Dalam istilah lain, kerusakan jenis ini di namakan ‘corrupt’.

Jenis kerusakannya pun memiliki beberapa level mulai ringan hingga berat. Sehingga, cara memperbaikinya bergantung pada tingkat kerusakan flashdisk itu sendiri.

Berikut ini tutorial memperbaiki Flashdisk dari beberapa level kerusakan :

1. Ringan,
Pertama-tama buka Run, ketik cmd, lalu ketik chkdsk Letter Drive: /f
Keterangan
a. perintah DOS chkdsk adalah perintah memeriksa error pada harddisk
b. Letter Drive: adalah lokasi Drive Flashdisk, Perintah ini di isi drive tempat flashdisk.
c: /F adalah Fixes errors on the disk, yakni perintah menghapus error pada disk.

Tunggu sampai proses berjalan 100%, Jika muncul command Convert folder to file ?[ketik] Y. kemudian hapus file/folder yang corrupt tadi dengan perintah DEL V:*.*.

2. Agak berat,
a. Download aplikasi Hewlet Packard USB Disk Storage Format Tool di sini.
b. Install aplikasi tersebut, lalu masukkan flashdisk yang bermasalah ke salah satu port USB. Pastikan flashdisk anda terdeteksi
c. Jalankan aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool
d. Tentukan drive tempat flashdisk terpasang,
e. Pilih Create New or Replace Existing Configuration untuk membuat partisi baru serta menghapus konfigurasi yang ada di flashdisk,
f. Format flashdisk anda sesuai dengan file sistem yang di inginkan.
(http://h20000.www2.hp.com/bizsupport/TechSupport/SoftwareDescription.jsp?lang=en&cc=us&mode=3&taskId=135&swItem=MTX-UNITY-I23839)

3. Berat
Jika Flashdisk mengalami kerusakan akibat Bad Sector, langkah berikut bisa menjadi alternatif terakhir menggunakan utilitas Partition Magic. Tutorial ini menggunakan Partition Magic 7.0. Dengan software ini, kita coba membuang Bad Sectornya dengan cara :

a. Install Partitioan Magic 7.0
b. Setelah proses instalasi selesai, jalankan programnya. Tekan menu Resize Partitions. Lalu arahkan ke drive tempat Flashdisk kita berada. Menu ini akan merubah ukuran partisi flashdisk kita. Lalu tentukan ukurannya dengan tidak menyertakan lokasi Bad sector.

Perlu di perhatikan bahwa PartitionMagic mampu memeriksa bad sector melalui menu Operations - > Check for Errors sebagaimana sebuah fitur di Windows. ScanDisk
utilitas ini perlu di lakukan sebelum menjalankan Partition Magic untuk memastikan lokasi Bad Sector.

Cara lain adalah dengan menghapus partisi yang ada di flashdisk melalui tombol menu Operatons -> Delete.

Banyak sekali fitur berkaitan dengan penanganan Harddisk di Partition Magic. Anda bisa mengembangkannya sendiri. Download Partition Magic di sini atau di sejumlah web lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ilmu takan datang sendiri kalau kita tidak mencarinya