Original From : http://m-wali.blogspot.com/2011/12/membuat-teks-berjalan-di-menu-bar.html#ixzz1hBO1bMTJ

Welcome




Efek Daun

Bintang

Kamis, 26 Maret 2009

Membuat blog di wordpress bagian3

Artikel Masih Saya kutip dari bloger ofa ragil boy dan untuk lebih jelasnya cara membuat blog di wordpress dan untuk mendapatkan trik-trik yang lain silahkan klik disini
Menurut kebiasan yang berlaku, sebuah tulisan yang berbentuk link biasanya memang mempunyai garis bawah, akan tetapi sebenarnya garis bawah tersebut bisa di hilangkan apabila di inginkan. Bagaimana cara menghilangkan garis bawah pada link? untuk menghilangkannya hanya perlu merubah beberapa kode yang ada pada style sheet CSS, kode tersebut biasanya seperti ini :
a:link
{
color:#58a;
text-decoration:underline
}
a:hover
{
color:#c60;
text-decoration:underline
}
a:visited
{
color:#969;
text-decoration:underline
}
Agar menjadi faham, akan saya uraikan :
a:link
{
color:#58a;
text-decoration:underline
}
Kode ini mempunyai arti sebuah link akan berwarna biru dan bergaris bawah.
a:hover
{
color:#c60;
text-decoration:underline
}
Sebuah link apabila di sorot oleh mouse akan berubah warna menjadi biru tua dan bergaris bawah.
a:visited {
color:#969;
text-decoration:underline
}
Sebuah link apabila pernah di klik oleh komputer yang sama akan berwarna biru tua (banget) dan bergaris bawah.
Pertanyaan selanjutnya manakah kode diatas yang membuat link menjadi bergaris bawah? jawabnya adalah kode :
text-decoration:underline
Tulisan “underline” lah yang membuat link menjadi bergaris bawah. Apabila kita tidak menginginkan adanya garis bawah pada sebuah link, maka kita hanya cukup merubahnya dengan kata none, nanti kodenya akan menjadi seperti ini :
text-decoration:none
Dari uraian tadi diatas, kita dapat mengatur ingin ada atau tidak ingin ada garis bawah, tergantung dari selera masing-masing, apakah sebuah link ingin bergaris bawah atau tidak? apakah apabila sebuah link di sorot oleh mouse ingin bergaris bawah atau tidak? Apakah apabila sebuah link pernah di kunjungi atau di klik ingin bergaris bawah atau tidak? semua terserah sobat sebagai pemilik blog. Ingin bergaris bawah? Ya pakai underline, kalau tidak ingin bergaris bawah ya tingal ganti dengan none.
gampang kan chu…,,,!!!
met mencoba,

waktu pertama kali saya memposting diblog, dan saya menulis kode html (javascript), ternyata pas di posting, kok ga ada? tidak seperti apa yang saya tulis, lalu otomatis keheranan mendatangiku, membuat hati ku bertanya-tanya “ada apa gerangan?”
waktu itu saya menulis open file -> save as -> pilih type file, dan saya pikir ga da pi ternyata masalah dan di posting ya seperti itu
setelah selidik demi selidik, ternyata emang ada caranya (maklum pendatang baru, ga tau banyak) dan ternyata harus konvert text. dan ini ada dua cara lho :

A. Konversi Online
1. berhijrah ke Encode Decode HTML Converter atau di sini
2. Masukkan kode html / javascript yang ingin Anda tampilkan di posting di kotak yang tersedia, terus klik menu “Encode”
3. Copy dan paste hasil encode yang ada dalam kotak ke posting Anda. Selesai.
Tambahan:
Jangan lupa klik menu “HTML” di kotak posting atas-kanan sebelum memasukkan kode html yang sudah di-encode tadi.
B. Konversi / Encoding secara Manual
mudah bngt, n ga usah ngandelin tu mesin convert, mending kreasi sendigi, cuma ganti setiap kode :
< dengan < dan > dengan >
wah ternyata mudah ya, klo dah tahu, hehheee…
met mencoba
salam ngeblog

izeng-izeng edat dan edit blog, sekedar ingin tau fungsi dan kegunaanya, waktu itu setelah gw login di wordpress, gw edit penataan -> umum, disitu ada blog picture, langsung saja tuh gw klik “browse” untuk mengambil gambar favorite gw (david-simple plan). setelah ter-upload dan gw crop, trus gw simpan, gw pikir tu gambar muncul di sidebar, tapi ternyata dugaan gw salah (maklum pendatang baru, ga trlalu tahu banyak).
setelah selidik demi selidik, gw nemu jawabannya disini eh ternyata itu namanya favicon atau blavatar (yaitu gambar kecil di samping alamat url blog dengan gambar pilihan pemirsa).
woro-woro :
Gambar Favicon atau Blavatar akan muncul di browser setelah beberapa jam. Jadi kalau tidak langsung muncul sabar saja. Tunggu sampai sehari semalam. hehehehe,,, (lama bnget)
Cara untuk mempercepat penampakan blavatar/favicon bisa dengan membersihkan cache di browser.
met mencoba deh dri pengalaman gw, heheheehee………
salam ngeblog
bete banget dah, belajar link download ga mudeng-mudeng. semakin penasaran aja, gw coba, coba dan coba, alhamdulillah bisa juga, n langsung gw posting nieh, buat para blogger pendatang baru (kaya gw ini) yang belum tau cara link download : rahasianya gini chu,
Upload Files / Berkas
1. Klik “Tulis” atau “Write”
2. Di menu “Unggah” atau “Upload” di bawahnya kotak posting, klik “Browse” -> pilih files yang akan diupload. terserah mau memberi judul dan deskripsi di kotak yang tersedia di bawahnya (tidak kohar alias tidak wajib “kohar nama temen gw, nama aslinya wajib). hehehe
3. pilih “Unggah” atau “Upload”
4. Setelah file masuk -> arahkan mouse ke kotak posting di bagian yang diinginkan -> klik “Kirim ke Editor” atau “Send to Editor”
5. Apabila mode posting dalam keadaan “Kode” atau “Code” maka akan tampak link files. Apabila mode posting “Visual” klik mode “Kode” atau “Code” untuk mengetahui linknya.
example, (bahasa jawa)
nieh gw upload file berjudul “tujuh gaya belajar efektif”, setelah melalui proses di atas, trus gw taruh file di sini-> tujuh gaya belajar effektif maka dalam mode posting “Kode” tampak link file seperti ini:
tujuh gaya belajar efektif
nah itu link buat download.
untuk uplaod gambar / image caranya juga podo wae “sama” seperti di atas. tapi dalam mode “Kode” atau “Code” maka akan tampak link kayak gini:

untuk kode:

adalah link imagenya.
met mencoba
salam ngeblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ilmu takan datang sendiri kalau kita tidak mencarinya